Hibah Indonesia untuk Berangkatkan 500 Jamaah Haji Miskin Guinea Bissau


Oleh: Ayulia Erstantri Wakib, 12-Sep-2018

Dalam rangka melaksanakan diplomasi dengan Pemerintah Guinea Bissau, Afrika Barat, Pemerintah Indonesia tahun 2018 telah menghibahkan 500 tiket untuk perjalanan ibadah haji masyarakat miskin Guinea Bissau. Pemberian hibah tersebut dimaksudkan untuk mendorong kerja sama yang konkrit antar kedua negara dan instrumen yang menunjukan peran aktif Indonesia di kawasan Afrika Barat tersebut serta untuk mempererat hubungan sesama anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI). Kerangka bantuan Indonesia adalah untuk membantu menciptakan perdamaian dunia melalui kesejahteraan serta pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) 2030 khususnya tujuan nomor 3 (Good Health and Well Being) dan 17 (Partnership for The Goals).

Secara singkat, proses pemberian hibah ini di usulkan oleh Dubes RI di Dakar, Senegal (yang juga membawahi Guinea Bissau) atas permintaan Pemerintah Guinea Bissau sejak tahun 2017 yang diusulkan secara resmi oleh Menteri Luar Negeri kepada Menteri Keuangan pada tanggal 17 Juli 2018. Melalui proses alokasi anggaran di DJA kemudian dianggarkan pada Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN) 999.02 Pengelolaan Hibah yang dikelola oleh Direktur Evaluasi, Akuntansi dan Setelmen selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Melalui proses yang relatif cepat namun akuntabel, KPA telah melakukan transfer melalui KPPN dan BI kepada Pemerintah Guinea Bissau sebesar USD1,75 juta setara dengan Rp 25,34 miliar pada tanggal 10 Agustus 2018 dan diterima Pemerintah Guinea Bissau tanggal 13 Agustus 2018.

Pada tanggal 16 Agustus 2018 para jamaah haji Guinea Bissau diterbangkan dengan menggunakan pesawat charteran maskapai penerbangan Max-Air Boeing dari kota Bissau menuju Saudi Arabia. Dengan demikian, seluruh jamaah haji dari Guinea Bissau yang jumlahnya 700 orang, dimana  500 orang tiketnya atas biaya Pemerintah Indonesia dan 200 orang dibiayai oleh orang-orang muslim kaya Guinea Bissau, dapat diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.

Melalui Mendagri Guinea Bissau Botche Cande kepada Dubes Mansyur Pangeran di Dakar-Senegal, Presiden Guinea Bissau Mario Vaz mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang sebesarnya kepada Presiden RI Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia yang telah membantu 500 tiket perjalanan ibadah haji masyarakat miskin Guinea-Bissau ke tanah suci Mekkah. 

 

Referensi:

1. Dokumen Kementerian Keuangan;
2. https://www.kemlu.go.id/dakar/id/berita-agenda/berita-perwakilan/Pages/Pemerintah-Indonesia-Bantu-Berangkatkan-500-Jemaah-Haji-Guinea-Bissau-ke-Mekkah.aspx.