SURVEI KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN ATAS KINERJA DIREKTORAT SURAT UTANG NEGARA DALAM MENGELOLA SURAT UTANG NEGARA

Direktorat Surat Utang Negara (SUN) sebagai salah satu unit di Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan, berperan dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan APBN melalui penerbitan Surat Utang Negara. Dalam melaksanakan kegiatannya, Direktorat SUN berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pemangku kepentingan (stakeholder) yang terdiri dari para pelaku pasar, otoritas maupun instansi Pemerintah.

Pada kuartal keempat setiap tahunnya, Direktorat SUN menyelenggarakan “Survei Kepuasan Pemangku Kepentingan Atas Kinerja Direktorat Surat Utang Negara dalam Mengelola Surat Utang Negara” dengan tujuan untuk mengukur tingkat kepuasan para stakeholder terkait kinerja Direktorat Surat Utang Negara (SUN) dalam hal pelaksanaan pelayanan, pengelolaan pengaduan, publikasi/penyediaan informasi pengelolaan SUN serta pelayanan informasi dan konsultasi terkait peraturan SUN. Selain itu, survei ini bertujuan untuk memperoleh masukan atas kinerja pengelolaan SUN di masa yang akan datang.

Hasil penilaian dari responden diolah untuk mendapatkan angka Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) dan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis. Untuk mengetahui tingkat kepuasan responden, digunakan metode Customer Satisfaction Index dengan skala maksimal 5. Nilai IKK dalam survei ini dibagi ke dalam lima kriteria dari tidak puas sampai dengan sangat puas. Kriteria penentuan indeks seperti terlihat dalam tabel berikut:

KRITERIA INDEKS KEPUASAN KONSUMEN (IKK):

INDEKS

KRITERIA

4 ≤ x ≤ 5

Sangat Puas

3 ≤ x ≤ 4

Puas

2 ≤ x ≤ 3

Cukup

1 ≤ x ≤ 2

Kurang Puas

0 ≤ x ≤ 1

Tidak Puas

 

 

  

Posted by Admin DJPPR on Jul 07,2017 17:00:35