Sukuk Tabungan Seri ST005, Investasi Cinta Negeri

Jakarta, 8 Agustus 2019 – Pemerintah resmi membuka masa penawaran Sukuk Tabungan seri ST005 secara online (e-SBN) kepada investor individu Warga Negara Indonesia. Masa penawaran akan berlangsung mulai tanggal 8 – 21 Agustus 2019. Tujuan penerbitan ST005 secara online adalah untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel, menyediakan alternatif investasi bagi masyarakat, mendukung terwujudnya keuangan inklusif, serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2019.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Luky Alfirman menjelaskan bahwa ST005 merupakan salah satu instrumen tepat untuk berinvestasi.

“Salah satu instrumen penguatan ekonomi kita adalah dengan memperluas basis investor. Saat ini upaya yang dilakukan adalah dengan menerbitkan surat berharga negara ritel yang bisa dibeli oleh masyarakat Indonesia. SBN ritel ini salah satunya adalah ST005”, jelasnya.

ST005 memiliki tenor dua tahun dan menawarkan imbalan mengambang dengan imbalan/kupon minimal (floating with floor) sebesar 7,40% per annum. Tingkat imbalan/kupon sebesar 7,40% per annum berlaku sebagai tingkat imbalan/kupon minimal (floor) dan imbalan tingkat /kupon minimal tidak berubah sampai dengan jatuh tempo. Untuk periode pertama (yang akan dibayar pada tanggal 10 Oktober 2019 dan tanggal 10 November 2019) berlaku kupon sebesar 7,40% per annum (BI 7 days reverse repo rate pada saat penetapan sebesar 5,75% per annum ditambah spread yang ditetapkan sebesar 165 bps). Tingkat imbalan/kupon berikutnya akan disesuaikan setiap tiga bulan pada tanggal penyesuaian imbalan sampai dengan jatuh tempo.

Proses pemesanan pembelian ST005 secara online dilakukan melalui tahapan berikut, yaitu: (i) registrasi/pendaftaran, (ii) pemesanan, (iii) pembayaran, dan (iv) settlement. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang terhubung dengan sistem e-SBN. Sebelum melakukan pemesanan pembelian, setiap calon investor kiranya terlebih dahulu memahami Memorandum Informasi ST005.

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di ST005 dapat mengakses web Sukuk Tabungan di: www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan atau menghubungi 22 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online)

Posted by Andi Abdurrochim on Aug 08,2019 15:37:26