Studi Financial Corporate Strategy untuk Meningkatkan Kinerja PT PLN di Bidang Ketenagalistrikan


Oleh: DJPPR5, 28-Des-2018

Pada tanggal 12 Desember 2018, DJPPR menghadiri Diagnostic and Options Workshop atas Studi Financial Corporate Strategy PT PLN. Workshop tersebut digelar oleh PT PLN dan merupakan bagian dari Technical Assistance yang diberikan tim World Bank kepada PT PLN. Workshop tersebut dihadiri oleh tim konsultan Castalia dan seluruh stakeholder di bidang ketenagalistrikan seperti Kementerian Keuangan, Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Bappenas, dan Kemenko Bidang Perekonomian.

Pada workshop tersebut, tim konsultan menyampaikan options report yang berfokus pada perbaikan model pendapatan PT PLN. Beberapa opsi tersebut adalah penerapan metode perhitungan biaya Cost of Service yang memastikan bahwa kebutuhan investasi dapat didanai dari kas internal PT PLN, menaikkan persentase margin usaha dalam perhitungan biaya Cost Plus Margin (CPM) sehingga dapat memenuhi rasio keuangan PT PLN, atau dengan meningkatkan partisipasi sektor swasta dalam pembangunan infrastruktur. Selain itu, tim konsultan juga mendorong PT PLN dan regulator untuk melakukan perbaikan dalam manajemen risiko dan mengambil langah-langkah mitigasi yang dapat mengurangi volatilitas pendapatan PT PLN.

Sebelumnya, pada tanggal 28 Agustus, telah dilaksanakan kick-off meeting yang mengawali studi Financial Corporate Strategy. Dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa studi Financial Corporate Strategy PT PLN dilaksanakan selama 7 bulan dan bertujuan untuk memberikan rekomendasi bagi PT PLN dan regulator di bidang ketenagalistrikan, khususnya terkait pengembangan/update atas strategi pendanaan korporasi dan kerangka kerja PT PLN serta perbaikan kebijakan/peraturan di bidang ketenagalistrikan. Hal tersebut diharapkan dapat menjaga sustainabilitas dan kesehatan korporasi PT PLN di selaku BUMN yang mendapat penugasan pembangunan infrastruktur.

Dalam melaksanakan studi Financial Corporate Strategy PT PLN, tim konsultan mengidentifikasi current financing gap dan langkah-langkah perbaikan dalam proses perencanaan serta persetujuan proyek investasi yang dapat didanai, menyampaikan opsi struktur pendanaan alternatif, serta mengidentifikasi financing gap yang masih tersisa dengan alternatif pendanaan yang telah diberikan. Tim konsultan juga melaksanakan pembahasan dengan PT PLN dan masing-masing regulator untuk mengidentifikasi permasalahan dari berbagai sisi. Selain itu, hasil analisis juga akan di-update secara berkala agar dapat menghasilkan rekomendasi perbaikan yang tepat.

Lebih lanjut, tim konsultan akan kembali mengadakan pertemuan pada bulan Januari 2019 untuk menyampaikan draft strategy yang telah disempurnakan berdasarkan masukan dari masing-masing stakeholder di bidang ketenagalistrikan.