Diseminasi Administrasi Pengelolaan Hibah kepada Kementerian/Lembaga, dan Donor Dalam Negeri di Kanwil Ditjen. Perbendaharan Provinsi Bangka Belitung


Oleh: , 29-Agust-2019

DJPPR bersama dengan DJPb menyelenggarakan Diseminasi Administrasi Pengelolaan Hibah pada tanggal 22 Agustus 2019 bertempat di Kanwil Ditjen. Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan transparasi dan akuntabilitas penerimaan hibah dalam laporan keuangan. Diseminasi Administrasi Pengelolaan Hibah dihadiri oleh Kementerian/Lembaga dan donor dalam negeri di lingkup provinsi Bangka Belitung, serta perwakilan dari Kementerian/Lembaga Pusat. Rangkaian acara diseminasi diawali dengan kegiatan bimbingan teknis registrasi hibah kepada pegawai Kanwil DJPb dan KPPN wilayah Provinsi Bangka Belitung yang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2019.

Dalam pembukaan acara tersebut, Kepala Kanwil Ditjen. Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung, Supendi menyampaikan bahwa saat ini masih banyak pengelola hibah di satker daerah yang kurang memahami peraturan mengenai administrasi pengelolaan hibah, sehingga diperlukan koordinasi yang intensif antara satker, DJPb, DJPPR, dan donor. Dengan adanya forum diseminasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para pengelola hibah di satker daerah, sehingga laporan keuangan hibah semakin akuntabel.

Direktur Evaluasi, Akuntansi, dan Setelmen, Heri Setiawan dan tim dari DJPPR, serta DJPb Pusat memaparkan tentang kondisi terkini APBN 2019, penjelasan mengenai PMK 99/PMK.05/2017 tentang Administrasi Pengelolaan Hibah, current issue seputar pengelolaan hibah, dan sharing session pengelolaan hibah.

Peserta sangat antusias menyampaikan pertanyaan, baik terkait materi pengelolaan APBN maupun permasalah pengelolaan hibah yang ditemui di lapangan. Dalam kesempatan tersebut para peserta juga menyampaikan apresiasinya kepada DJPPR dan DJPb atas kerjasamanya yang sangat baik selama ini yang membantu mediasi permasalahan hibah langsung antara Kementerian/Lembaga dan donor baik dalam negeri maupun luar negeri. Para peserta juga sangat berharap agar diseminasi hibah tetap dilakukan secara periodik dan berkelanjutan sebagai forum diskusi dan penyampaian isu-isu terbaru terkait hibah.