Penandatanganan Perjanjian Pinjaman dengan CEXIM untuk Pembiayaan Proyek Takalar Steam Power Plant dan Pangkalan Susu Coal Fired Steam Power Plant

Sebagai salah satu upaya pemenuhan kebutuhan listrik nasional, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, dalam hal ini diwakili oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Utang, Robert Pakpahan, pada tanggal 22 Desember 2014 telah menandatangani 2 (dua) Preferential Buyer’s Credit (PBC) Loan Agreement dengan The Export-Import Bank of China (CEXIM) selaku perwakilan dari Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk pembiayaan proyek Pembangunan PLTU Takalar (2x100 MW) dan proyek Pembangunan PLTU Pangkalan Susu Unit 3&4 (2x200 MW). Pinjaman ini akan diberikan kepada PT PLN (Persero) sebagai Executing Agency proyek tersebut melalui mekanisme penerusan pinjaman.

Proyek pembangunan PLTU Takalar (2x100 MW) yang berlokasi di Kabupaten Janeponto, Sulawesi Selatan memerlukan total kebutuhan dana sebesar USD240,98 juta dan IDR407,70 miliar (di luar pajak). Sebagian kebutuhan dana pembangunan proyek tersebut akan dibiayai melalui pinjaman dari CEXIM sebesar USD240,98 atau 85% dari total kebutuhan dana.

Sementara itu, proyek Pembangunan PLTU Pangkalan Susu Unit 3&4 (2x200 MW) berlokasi di tempat yang sama dengan lokasi pembangunan PLTU Pangkalan Susu Unit 1&2 (2x200 MW) yang pembangunannya telah memasuki tahap akhir, yaitu di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Total kebutuhan dana pembangunan proyek tersebut adalah sebesar USD235,96 juta dan IDR1,96 triliun (di luar pajak), dengan pendanaan melalui pinjaman dari CEXIM sebesar USD373,00 juta atau 85% dari total kebutuhan dana.

Dengan adanya proyek pembangunan kedua PLTU tersebut, diharapkan kebutuhan listrik di Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara dapat dipenuhi dan reliabilitas suplai listrik di kedua wilayah tersebut dapat ditingkatkan. Selain itu, diharapkan komposisi bahan bakar campuran untuk produksi listrik dapat ditingkatkan guna menghemat konsumsi bahan bakar yang pada akhirnya dapat mengurangi harga produksi listrik.

Posted by Erfan Fiddin on Jan 29,2015 13:53:44